Toyota Avanza Rebut Kembali Takhta LMPV Terlaris

Uncategorized

Sejak kehadiran Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza seperti kehilangan pesona. Pasalnya, angka penjualan LMPV sejuta umat itu selalu kalah dari rivalnya. Namun, mobil kembaran Daihatsu Xenia itu kini kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Toyota Avanza secara wholesale (dari pabrik ke dealer) pada Oktober 2018 lalu mencapai 9.358 unit. Angka tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah sebulan sebelumnya, September hanya mencatat distribusi sebanyak 6.151 unit.
Dengan demikian, pesaing beratnya, Mitsubishi Xpander harus puas berada di posisi kedua dalam deretan mobil terlaris di Indonesia. Berdasarkan sumber yang sama, angka distribusi mobil MPV ini selama bulan Oktober 2018 kemarin mencapai 5.408 unit.

Capaian tersebut menunjukkan penurunan yang cukup signifikan, nyaris 1.000 unit. Pasalnya, pada September 2018, angka penjualan secara wholesale Mitsubishi Xpander bisa mencapai 6.276 unit dan mengalahkan Toyota Avanza.

Padahal, selama 3 bulan ke belakang, Mitsubishi Xpander belum pernah sekalipun takluk dari Toyota Avanza. Pada Agustus 2018, angka penjualan Mitsubishi Xpander bisa mencapai 6.923 unit, sedangkan Toyota Avanza hanya 6.210 unit.

Sumber: Otosia.com